Optimasi Mesin Pencari dan Periklanan

Di dunia yang paham internet saat ini, sudah menjadi hal yang umum bagi bisnis apa pun untuk memiliki situs web yang kebanyakan mereka gunakan untuk mengiklankan produk dan layanan mereka. Dengan munculnya mesin pencari, semakin mudah bagi pelanggan untuk mencari barang secara online. Agar situs web berhasil, tautannya harus mendarat di tiga halaman pertama yang dibawa mesin pencari dan peringkat halaman harus tinggi yang berarti banyak pengunjung datang ke situs. Ini dapat dicapai dengan menerapkan optimisasi mesin pencari atau yang populer dengan sebutan SEO. Ini adalah strategi pemasaran yang meningkatkan kualitas dan kuantitas arus lalu lintas ke situs web tertentu melalui mesin pencari.

SEO tidak hanya mempengaruhi hasil mesin pencari, tetapi juga pencarian gambar, pencarian video dan mesin pencari vertikal khusus industri. Ini menentukan bagaimana algoritma pencarian berfungsi dan mencari apa yang populer di kalangan orang. Ketika tautan situs web dikirimkan ke mesin pencari, laba-laba merayapi halaman untuk mengumpulkan tautan yang mengarah ke halaman lain dan menyimpan halaman-halaman itu di server mesin pencari. Informasi yang dikumpulkan dari halaman-halaman ini dikirim ke pengindeks, yang tugasnya adalah mengekstrak informasi dari halaman-halaman itu seperti kata kunci dan bobotnya, lokasi halaman dan tautan lain yang disimpan untuk dijelajahi laba-laba di masa mendatang.

Pada awalnya, algoritma pengoptimal mesin pencari bergantung pada kata kunci, tag Meta, dan file indeks yang disediakan oleh Webmaster. Tag meta memberikan informasi tentang halaman tertentu, tetapi menggunakannya untuk mengindeks halaman tidak terbukti berhasil karena beberapa Webmaster menambahkan tag Meta yang tidak relevan untuk meningkatkan jumlah klik dan memperoleh pendapatan iklan yang besar. Mereka bahkan mengubah HTML halaman web untuk mencapai peringkat yang baik untuk halaman tersebut. Tapi ini adalah kasus penyalahgunaan karena mengambil halaman yang tidak relevan.

Mesin pencari kemudian mulai menggunakan algoritma peringkat yang kompleks, yang sulit untuk dimanipulasi oleh webmaster sehingga memberikan hasil yang asli kepada para penjelajah web. Peringkat halaman web dihitung secara matematis dengan fungsi menggunakan kekuatan dan kuantitas tautan masuk. Semakin tinggi peringkat halaman, semakin banyak peluang untuk dilihat oleh seseorang. Algoritme kemudian dikembangkan yang mempertimbangkan berbagai faktor di halaman lainnya seperti faktor peringkat dan di luar halaman seperti hyperlink. Karena webmaster tidak dapat memanipulasi peringkat laman, mereka mulai bertukar, menjual, dan membeli tautan, yang mengarah pada spam tautan dan bahkan pembuatan banyak situs yang didedikasikan untuk tujuan ini.

Algoritme menjadi lebih kompleks dari hari ke hari dan mesin telusur teratas merahasiakan algoritme mereka. Ketika biaya SEO meningkat, pengiklan terikat untuk membayarnya, yang akhirnya menghasilkan halaman web berkualitas tinggi. Meskipun berinvestasi dalam SEO sangat bermanfaat, tetapi pada saat yang sama berisiko karena tanpa pemberitahuan sebelumnya, algoritma yang digunakan pasti akan berubah dan mesin pencari akan berhenti mengarahkan pengunjung ke halaman. Banyak konsultan tersedia di pasar yang menyediakan layanan SEO. Mereka memanipulasi kode sumber HTML situs web seperti menu, keranjang belanja, dan terkadang bahkan konten situs web untuk menarik lebih banyak lalu lintas. Mesin pencari seperti Yahoo memiliki algoritma yang mengekstrak halaman tidak sesuai dengan peringkat halaman tetapi sesuai dengan biaya per klik atau biaya yang ditetapkan, yaitu jika pengiklan ingin halaman yang berisi iklannya ditampilkan, dia diharapkan membayar uang untuk itu. Ini adalah titik kontroversi, karena hanya bisnis besar yang dapat meningkatkan jumlah klik halaman mereka, tetapi bukan bisnis kecil yang mungkin memiliki halaman berkualitas lebih baik.

Google Ad Words mengeksplorasi iklan yang kata-katanya diketik di kotak pencarian oleh surfer. Situs web Million Dollar memulai konsep periklanan Pixel, yang merupakan jenis iklan grafis. Bergantung pada pikselnya, ruang tersebut dijual kepada pengiklan. Iklan kata kunci melibatkan pengiklan yang membeli URL situs dan menempatkan iklan mereka di lokasi itu. Jadi SEO adalah pasar tersendiri yang memberikan hasil yang bagus untuk bisnis di Internet.